← Back to list

wangsit om jero, ayah, dan kursi anak soleh

gua selalu suka nulis. mau tulisannya jelek atau jelek banget, gua tetep lanjutin

RaR · 2025-06-11 14:59 · 0 claps · 1.9 min read
#öm #zero #daddy-issues #math #agit
Open on Medium ↗
Wiki topics: 📐 · Mathematics

wangsit om jero, ayah, dan kursi anak soleh

gua selalu suka nulis. mau tulisannya jelek atau jelek banget, gua tetep lanjutin dan mengeluarkan semua yang ada di otak gua. even umpatan ‘kontol’ di buku diary yang gua jelek-jelekin tulisannya biar ga kebaca mama aja, tetep gua tulis.

masalahnya, hari ini udah h-17 simak dan dari kemaren gua masih santai. wangsit om jero yang dari siang gua buka, baru keisi 3 soal. bener-bener pasrah. emang ya namanya manusia demen banget naro ekspektasi ke hal yang gak pasti. tadinya gua udah hopeless sama semua ini dan mama juga setuju gua gapyear asal sambil menghasilkan duit atau ikut course. lambat laun, otak gua mulai berisik lagi munculin what ifs nya.

kadang gua merasa jahat gara-gara suka ngarep ada temen gua yang gagal juga. tapi gua merasa lebih tenang aja, karena tau gua ga sendiri di posisi ini.

gua bingung apa yang bikin gua semalas ini ngejar sesuatu. lima tahun lalu, gua mikir 2030 — 2045 indonesia emas itu cuma halu.

“alah, paling besok juga kiamat,” itu yang selalu nongol di otak gua tiap bahas masa depan. kata nayya gua harus ke psikolog, baru kali ini gua setuju sama pendapat dia.

sebenernya pikiran kayak gini udah muncul dari gua tk. jadi, dulu di sekolah gua ada yang namanya ‘kursi anak soleh’. biasanya dipake sama temen gua yang abis iseng bikin temennya nangis atau yang tiba-tiba tantrum aja, jadi semacam punishmentnya lah. gua mikir keras, gimana caranya biar bisa duduk di kursi itu. gua yang introvert abis ini mana pernah berani jailin temen atau tantrum guling-guling di tengah kelas. gatau kenapa bisa mikir gitu, bahkan tiap main pomal (polisi maling) gua selalu mau jadi maling biar dipenjara.

tapi on the other hand, kalo udah yakin sama sesuatu, bakal gua perjuangin ampe dapet. itu yang gua lakuin buat daftar sma dulu. cabut berkas di sekolah kabupaten itu ampe di underestimate gurunya, dan merjuangin sma gua yang sekarang sambil dibantu ayah. sama kayak pas nganter utbk ke depok kemaren, ayah selalu ada di momen krusial gua. ayah yang selalu dukung cita-cita idealis gua. ayah yang selalu percaya apa pun keputusan gua. ayah yang rela ngeluarin duitnya demi gua daftar mandiri karena ga lolos utbk.

malem itu, ayah tiba-tiba ngomong kalo ga sanggup bayar kuliah gua yang mahal. pupus satu cita-cita gua buat lanjut kuliah di luar negeri.

belom selesai pertemean kuliah ini, gua harus bantu adek gua buat daftar sma. fokus gua pecah sejak mama ngomong kalo adek beda dari kami. kadang heran apa yang ada di otaknya, kami sodara tapi ga pernah paham sama isi pikiran masing-masing.

capek banget Tuhan, gua harus jaga mental dan fisik ampe semuanya kelar. apa idup gua yang kelar duluan? let’s see.

makan noh wangsit

makan noh wangsit


메타데이터
post_id
26e99fac2b3a
slug
wangsit-om-jero-ayah-dan-kursi-anak-soleh-26e99fac2b3a
url
https://medium.com/@humariia/wangsit-om-jero-ayah-dan-kursi-anak-soleh-26e99fac2b3a
canonical_url
https://medium.com/@humariia/wangsit-om-jero-ayah-dan-kursi-anak-soleh-26e99fac2b3a
author_url
https://medium.com/@humariia
status
ok
fetched_at
2026-07-19 12:16:53