Stop Overpacking!
Sini aku kasih tau apa aja yang wajib kamu bawa saat merantau!
Stop Overpacking!
Sini aku kasih tau apa aja yang wajib kamu bawa saat merantau!
Hi Hello, Curious Souls! Pertama kali merantau dan tinggal jauh dari rumah itu menantang banget! Apalagi perihal packing, rasanya mau bawa rumah nya sekalian. Bingung deh, mana yang perlu dibawa dan engga. Nah, supaya kamu ngga panik dan bingung, sini aku spill daftar-daftar barang yang menurutku perlu banget untuk dibawa dan yang paling ga perlu dibawa dulu.

Barang Wajib yang Sebaiknya Dibawa dari Rumah
A. Pakaian
Tentu aja, ini wajib ya hukumnya! Saran aku banyakin bawa untuk pakaian formal. Contohnya, 30% pakaian rumah (kaos, celana pendek, piyama) dan 70% pakaian kuliah (kemeja, blus, celana panjang, dsb). Nah pakaian ini cukup bawa untuk 1–2 minggu aja ya teman-teman. Kalian bisa laundry atau booking mesin cuci.
B. Selimut atau Kain
Ini salah satu barang yang banyak dilupain sama temen-temen ku. Ingat ya, kalian ngga dapat selimut di starterpack, makanya usahain untuk bawa sendiri dari rumah. Selimutnya ngga harus tebal kok, nanti malah menuhin koper. Kalau mau lebih praktis, kamu bisa bawa kain Bali/kain tipis yang gampang dilipat. Minimal banget ada sesuatu yang bisa kalian pakai buat menghangatkan badan pas malam hari/hujan. Selimut tebalnya bisa dikirim melalui paket aja.
C. Perlengkapan Mandi
- Sabun
- Shampoo
- Sikat gigi
- Pasta gigi
- Handuk
- Skincare
- Deodorant
- Sisir
- DLL
Hari pertama biasanya udah capek perjalanan terus dilanjut beres-beres kamar dan koper. Jadi akan lebih nyaman kalau kebutuhan mandi udah siap tanpa harus buru-buru beli ke Kios.
D. Alat Makan
Banyak teman-temanku yang ngga bawa ini juga, padahal ini krusial loh. Percaya deh, wadah makanan ini bakal kepakai terus apalagi kalau kamu tipe yang suka nyimpen makanan. Minimal usahakan punya:
- Gelas atau Tumblr
- Sendok garpu
- Mangkok/Piring (plastik/stainless steel)
- Wadah bening bertutup ukuran maks 1 Liter
Kalau mau simple banget, cukup bawa wadah bening aja karena ini multifungsi. Bisa buat nyimpen makanan sisa, buah, mie, atau makanan lainnya di kulkas. Ngga harus semuanya ada kok, yang penting ada basic essentials supaya kalau mau makan ngga ribet.
E. Tas
Bawa totebag, backpack, atau tas nyaman untuk hari pertama. Ini biar kalian ngga bingung aja sie, tapi biasanya di hari pertama kalian sudah dapat backpack kok.
F. Makanan
Kalau ini bukan cuma tentang perut tapi juga mental. Di sini sebenarnya gampang kok kalau mau cari dan pesan makanan. Bahkan dulu aku pas datang ke sini juga dikasih konsumsi dan berujung kekeyangan karena juga udah pesan makan sendiri. Nah tapi, makanan di sini ga sembarangan yaa, bawa makanan dari rumah atau cemilan favorit kalian. Beberapa dari kalian yang mungkin mudah homesick, ini akan membantu banget sih, supaya adapatasinya lebih enak. Jadi kalau masih ada space di koper, jangan lupa bawa ya!
G. Obat-obatan Pribadi
Last but not least, kalian harus banget bawa obat-obatan pribadi. Minimal banget kamu harus punya:
- Obat flu
- Obat batuk
- Obat demam
- Vitamin
Karena jujur aja, banyak banget temen-temen aku (termasuk aku) yang drop. Ada yang kecapekan, kurang tidur, atau homesick. Kalau kamu ada kondisi khusus, sesuaikan juga ya, contohnya
- Obat maag
- Obat alergi
- Obat iritasi mata
- Dll
Menurut ku, akses beli obat di sini lebih susah jadi saran aku persiapkan dari rumah ya, supaya waktu badan lagi nggak fit, kalian udah punya obat.
Nah setelah tau barang-barang yang wajib kalian bawa, sekarang kita akan ke:
Barang Tambahan yang Bisa Dibeli Belakangan
Kalau barang di bawah ini sebenarnya ngga wajib langsung ada di kamar. Kamu bisa kirim paket (kalau udah punya) atau beli online setelah sampai sini supaya koper ngga terlalu berat.
A. Hanger
Banyak sedikitnya tergantung dari tipe kalian. Kalau kalian tipe yang menggantung semua pakaian, berarti butuh banyak tapi kalau engga, di lemari juga ada area buat yang dilipat kok. Ini nanti juga berpengaruh ke kalian mau cuci atau laundry. Saran aku, ke sini dulu aja, terus lihat deh kalian lebih milih cuci sendiri atau laundry.
B. Sabun Cuci
Kalau ini untuk cuci alat makan yang kalian pakai, kadang disediain tapi kadang juga habis. Daripada nyimpen alat makan kotor, mending kalian sedia sendiri. Kalau untuk cuci pakaian, itu balik lagi ke tipe kalian. Makanya ini opsional aja.
C. Lampu Tidur/Belajar
Yang kalian dapat itu cuma 1 lampu utama, dan itu menurut aku cukup banget. Cuma ada beberapa kamar yang mungkin ga seterang itu juga. Nah, kalau kalian tipe yang perlu lampu belajar boleh dibawa. Kalau kalian tipe yang ngga bisa tidur tanpa lampu tidur, boleh juga dibawa. Dibuat senyaman mungkin aja.
D. Tong Sampah Mini
Keliatannya sepele, tapi berguna banget. Kadang ada tisu, plastik, kapas skincare, atau sampah kecil lainnya yang males langsung dibuang keluar. Tong sampah ini bisa bikin kamar tetap bersih. Eh, walaupun ada ini tetap harus buang sampah ya sebelum meninggalkan kamar. Namun, tong sampah hanya ada di area komunal dan serbaguna. Kalau sampahnya cuma kapas, tisu, dan rambut rontok bisa buang di dekat kamar mandi. Ini supaya tetap terorganisir aja kok, tapi kalau kalian tipe yang ngga banyak menghasilkan sampah atau kalian rajin untuk langsung buang, berarti ngga butuh ini.
E. Kotak Penyimpanan
Ini sebenarnya wajib, tapi cukup memakan banyak tempat ya. Aku kemarin sih beli di Ikea dan Aeon hehe. Jadi ada aturan untuk kamar itu harus rapi, jadi kotak penyimpanan ini perlu banget buat:
- skincare
- make up
- kabel
- stationery
- atau barang kecil lainnya
Adanya kotak bisa bikin kamar kamu lebih enak dilihat dan nggak gampang kehilangan barang deh.
F. Wadah Baju Kotor
Terakhir nih, aku baru beli ini setelah tinggal 2 bulan. Sebenarnya kalian akan dapat laundry bag, jadi ini emang opsional banget. Tapi menurut aku kurang efisien aja kalau pakai laundry bag untuk menyimpan baju kotor, makanya aku beli ini.
Sebenarnya nggak ada aturan pasti tentang barang apa yang ‘harus’ dibawa. Semuanya balik lagi ke kebiasaan, kebutuhan, dan kenyamanan masing-masing. Tapi setidaknya, list ini bisa buat kamu lebih siap dan nggak terlalu bingung pas hari-hari pertama tinggal di sini. Yang paling penting, semua orang juga sama-sama lagi adaptasi kok. Jadi, jangan takut merasa sendirian dan jika kalian butuh bantuan, i’m here and happy to help! Jika ada pertanyaan bisa dm aku di instagram ya @enjelaudri
God Bless You
메타데이터
- post_id
- 3fa4104f1615
- slug
- stop-overpacking-3fa4104f1615
- url
- https://medium.com/@enjelaudri/stop-overpacking-3fa4104f1615
- canonical_url
- https://medium.com/@enjelaudri/stop-overpacking-3fa4104f1615
- author_url
- https://medium.com/@enjelaudri
- status
- ok
- fetched_at
- 2026-08-07 12:24:30