Pengalaman pertama memainkan alat musik Keyboard ๐น
Halo writer!
Pengalaman pertama memainkan alat musik: Keyboard ๐น
Halo writer!
Pernah kebayang gak punya hobi lain selain baca buku dan menulis? Pasti seru banget ga sih? Disaat lu bosen baca dan lagi capek nulis, lu punya hobu lain yang bisa lu merasa tetep hidup dan menaikkan hormon bahagia di dalam diri lu.

Bulan Oktober 2024, secara random gue memutuskan untuk belajar alat musik. Gue gak tau alasannya apa, pokoknya tiba-tiba feeling gue kaya nyuruh gue buat belajar alat musik tekan ini. Akhirnya gue memutuskan untuk beli Keyboard dengan merk ROLAND EX-10.
Belum jadi member Medium? Kamu tetep bisa lanjut baca tulisan aku dengan klik tautan teman. Happy reading!
Sejujurnya gue tuh gak pernah tertarik untuk belajar Keyboard karena waktu gue lihat Keyboard dengan tuts banyak & sepanjang itu, gue bingung cara mainnya, gue bingung harus mencet yang mana, gue ga tau tuts hitan dan putih tuh bedanya apa. Oh iya 1 poin lagi, alat musik ini agak sulit dibawa kemana-mana, jadi bikin gue makin gak tertarik untuk nyobain Keyboard.
Selama gue sekolah mulai dari SMP sampai kuliah, gue cuman tertarik sama GITAR. Gue belajar gitar secara otodidak, belajar kenal chordnya, ngegenjreng senarnya, belajar dengerin & mainin lagu, meskipun gue sama-sekali gak tau nada LOL. Tapi tetep gue latihan-latihan terus meskipun kalau di inget-inget kok agak bikin malu ya mainnya wkwkk
Tapi sekarang bisa dibilang gue udah bisa mainin alat musik gitar tapi tetep sih ga ngerti tangga nada, ya pokoknya bisa ngiringin beberapa lagu, namanya juga otodidak.
Lalu, gimana pengalaman gue bermain Keyboard?
I feel excited but still confused how to playing this instrument in the first time! HAHAHA Tapi tenang, gue sudah mendownload sebuah aplikasi yang akan membantu gue untuk belajar yaitu SIMPLY PIANO.

Aplikasi ini bener-bener works, gue. diajarin placing my hand first, mengenali nada C, D, E dan seterusnya, lalu ada latihan memainkan tutsnya dalam potongan lagu untuk melatih jari-jari agar tidak kaku. Dan biasanya dibagian akhir, lu akan diberikan test akhir 1 lagu untuk exam sebelum ganti level. Seru banget pokoknya, lu harus cek sendiri fitur-fiturnya. (Ini ga di endorse ya HAHAHA๐๐ป๐)
Gimana kalau tuts yang dipencet salah? Nantinya Simply Piano akan berhenti di tuts yang salah sampai lu bisa nemuin tuts yang benar. Kalau bingung mana tuts yang benar? Simply Piano juga kasih bantuan dengan nunjukkan tuts yang benar, setelah lu nekan tuts yang benar, permainan akan dilanjutkan lagi sampai selesai.
So, gimana progress gue belajar dengan Simply Piano dalam 6 bulan ini?
Sekarang gue ngerasa udah berprogress banget, meskipun masih jauh dari kata pro sih LOL. mulai dari jari yang awalnya kaku banget, sekarang udah lancar, perpindahan chord mulai lancar, bisa baca sheet music juga (meskipun dikit), terus udah mulai bisa ngulik dan ngecover lagu, seru banget.
Dan ini butuh waktu, gak cuman latihan 1 minggu terus langsung bisa. Take many times dan latihan berulang-ulang kali, kadang gue mulai dari jam 8 malam, eh ga berasa keterusan sampai jam 1 pagi HAHAHA *jangan ditiru ya kak
Jadi begitulah pengalaman baru gue nyobain belajar sesuatu baru yang random hahaha kalau lu tertarik pengen belajar instrument musik, lu bisa cobain memainkan alat musik Keyboard dan download Simply Piano. Mumpung masih muda, kalau lu punya keinginan buat mencoba sesuatu yang baru (asal positif), buruan cobain sebelum menyesal di hari tua nanti, manfaatkan lah masa mudamu untuk hal yang berharga & seru~
Thanks !
๋ฉํ๋ฐ์ดํฐ
- post_id
- 7dee72d3f3a4
- slug
- pengalaman-pertama-memainkan-alat-musik-keyboard-7dee72d3f3a4
- url
- https://medium.com/@gustiadistriani/pengalaman-pertama-memainkan-alat-musik-keyboard-7dee72d3f3a4
- canonical_url
- https://medium.com/@gustiadistriani/pengalaman-pertama-memainkan-alat-musik-keyboard-7dee72d3f3a4
- author_url
- https://medium.com/@gustiadistriani
- status
- ok
- fetched_at
- 2026-06-26 03:39:16