Ramadan 1447H– Halāwatal īmān
Photo by Trnava University on Unsplash
Ramadan 1447H– Halāwatal Īmān
Photo by Trnava University on Unsplash
Judul yang terpikir sewaktu bermalam di masjid Nur Salma Gatsu
Tumbuh di lingkungan yang cukup islami sedari kecil ternyata gak semerta-merta ngebentuk aku buat bisa “merayakan” Ramadan se-antusias anak kecil di Indonesia pada umumnya. Mungkin puasa sembari beraktifitas masih kerasa berat untuk aku sampai udah masuk usia remaja, bahkan sampai udah jadi santri.
Aku gak pernah relate sama orang-orang yang nungguin Ramadan selain karena momen Idulfitrinya. Bangun harus lebih pagi untuk sahur, aktivitas seharian kerasa lebih berat karena gak makan dan minum, bahkan kalau diajak taraweh berjamaah di masjid yang aku pikir “males solatnya lama”.
Tapi aku gak pernah nyesel sama gimana diri aku berproses dalam menerima Ramadan dari waktu ke waktu. Mungkin dengan menemukan proses menerima Ramadan sendiri di umur yang udah terbilang dewasa ini akan berpuluh-puluh kali lipat lebih mengesankan untuk aku. Ada waktunya hālāwatal īmān/kemanisan iman itu datang dengan sendirinya tanpa melalui proses paksaan– terpaksa puasa karena orang-orang puasa, terpaksa taraweh karena orang-orang taraweh, terpaksa tilawah karena malu kalau gak khatam dalam sebulan.
Mungkin judulnya agak clickbait karena aku gak lagi ngomongin hadits tentang manisnya iman. Aku pilih judul ini pure karena “oh, ternyata aku suka sama istilah ini”.
Semenjak berkegiatan safari masjid di ramadan tahun ini — yang niat awalnya cuma mau cari makan gratis sekaligus cari temen buka puasa bareng, aku juga jadi banyak merenungkan hal-hal sederhana yang gak banyak aku sadari ketika aku hidup di bubble sendiri.
Hidup di lingkungan yang masyarakatnya cukup homogen alias sekolahnya di situ-situ aja, tinggalnya di situ-situ aja, ketemu orangnya itu-itu aja, mulai belajar dari kejahilan yang sama sampe dapet ilmu yang sama. Mungkin ada beberapa orang yang bisa merasakan halāwatal īmān ketika berada di posisi aku, dan qodarullah ternyata aku sendiri belum bisa merasakan itu sampai hidup di lingkungan yang lebih kompleks lagi.
Sampai aku ketemu sama temen-temen baruku dari komunitas Masjid Review, yang mungkin kebanyakan mereka gak punya basic lulusan pesantren, kuliah, bahkan gak kerja di lingkungan yang islami. Yang pulang teraweh masih harus balik ke kantor buat lembur sampai sahur, yang masih bela-belain itikaf walaupun besok harus kerja lagi jam delapan pagi. Effort yang gak aku punya kalau bukan karena kantor aku ngasih jam pulang lebih cepet selama Ramadan dan ngasih libur khusus untuk itikaf di sepuluh hari terakhir Ramadan.
Kenapa mereka bisa lebih semangat dan gak membuat excuse A B C untuk bolos taraweh bahkan itikaf? Padahal secara waktu mungkin jadwal mereka padet banget.
Aku pernah iseng nanya ke beberapa temen baruku, “emang gak ngantuk ya di kantor kalo malemnya itikaf?” dan jawaban mereka selalu kurang lebih sama, “momen setahun sekali”.
Walaupun di salah satu ceramah aku pernah setuju dengan statement si Ustaz, bahwa Ramadan seharusnya dibangun atas dasar mentalitas dan bukan hanya momentum, menurutku, ya, gak ada salahnya memulai dengan menikmatinya sebagai momentum dulu, karena mentalitasnya lama-lama akan terbentuk juga– biiznillah.
Hal itu cukup buat aku mikir berulang kali, apakah kalau aku ada di posisi mereka aku akan melakukan hal yang sama? Nyempet-nyempetin ibadah di sela-sela kesibukan duniawi? Apa aku juga akan bisa merasakan manisnya iman ketika lingkungan aku bahkan gak ngedorong aku untuk melakukan hal itu? banyak banget pertanyaan yang muter dikepalaku waktu itu. Sekaligus juga buat aku bersyukur berkali-kali lipat karena dikasih Allah tempat kerja yang sangat mendukung totalitas ibadahku selama Ramadan. Dikasih waktu pulang kantor lebih cepet, dikasih libur sepuluh hari terakhir untuk itikaf, dikasih rizki yang berlipat-lipat sampai rasanya udah gak ada ruang buat mikirin dunia karena terasa sangat amat cukup. Alhamdulillah.
Semoga kita bisa menikmati Ramadan berikut-berikutnya dengan perasaan syukur yang lebih banyak lagi.
메타데이터
- post_id
- e0d5efce2eff
- slug
- ramadan-1447h-halāwatal-īmān-e0d5efce2eff
- url
- https://medium.com/@haebaragiy/ramadan-1447h-hal%C4%81watal-%C4%ABm%C4%81n-e0d5efce2eff
- canonical_url
- https://medium.com/@haebaragiy/ramadan-1447h-hal%C4%81watal-%C4%ABm%C4%81n-e0d5efce2eff
- author_url
- https://medium.com/@haebaragiy
- status
- ok
- fetched_at
- 2026-06-09 15:37:30